"Hadirilah Sidang Disertasi Doktoral Bapak Tuan Guru Bajang TGKH. M. Zainul Majdi, M.A, nanti hari Sabtu, 8 Januari 2011 M, pukul: 10:00 Waktu Kairo, di Aula Syeikh Abdul Halim Mahmud Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Kairo " " Pokoknya NW, Pokok NW Iman & Taqwa " " Inna Akromakun Indi Anfa'ukum Linahdlatil Wathan Wainna Syarrokum Indi Adhorrukum Binahdlatil Wathan " " Dewan Tanfidziyah Perwakilan Khusus Nahdlatul Wathan Mesir Periode VI Masa Bakti 2010-2011 "

Monday, November 16, 2009

Profile Malcolm X

Menelusuri perjalanan hidup
“ MALCOLM X ”
Sang penegak panji Islam di Amerika

Malcolm x (1925-1965), bernam kecil malcolm liltle, adalah produk dari kondisi-kondisi sosial yang sebenarnya (rasisme kulit putih, kemiskinan, keluarga yang rusak,obat,dan kriminal) yang di kecam dan di perangi oleh ellijah muhammad. Riwayat hidupnya yang mencontohkan transpormasi pribadi dan religius yang terjadi pada Natin of islam.


Di lahirkan di Omaha,Nebraska, Malcolm hanya sedikit sekali mengenal kehidupan berkeluarga dan mengalami pengucilan sosial ddan kemiskinan seperti yangdi alami oleh kebanyakan kaum kulit hitam di Amerika. Ia menyalahkan kaum kulit putih, sebuah masyarakat yang rasis,atas terbunuhnya ayahnya (seorang pendeta baptis dan pengikut Marcus gevey). kahancuran mental dan perumah-sakit-jiwaan ibunya dan pecahnya dengan delapan anak lecil ini hingga bercerai-berai di berbagai panti asuhan.meskipum malcolm adalah seorang siswayang berbakat di sekolah dasarnya, pengalaman rasisme dan perasangkanya membawanya ke pengasingan dan penolakan atas masyarakat Amerika.Ia menjadi seorang Germo dan Bos yang hidup dengan bergelimang dengan obat dan kriminalitasdi perkampungan-perkampungan Rooxbury, Massachusetts dan kemuddian di Herlem, New york city yang membawanya ke penjara.

Selama dalam penjara inilah ia mendidik dirinya ,membaca buku tentang sejarah, politik dan agama. Ia menjadi yakin bahwa “agama Keristen adalah agamanya kaum kulit putih “. Dan bahwa injil di tangan kaum kulit putih dan penafsirannya menjadi satu-satunya senjata yang tercanggih untuk mrmperbudak kaum non kulit putih. Pada tahun 1948 ia resmi bergubung dengan ellijah muhammad dan menerima ajaran Nation of islam, terterik dengan nasionalisme kulit hitam dan militansinya dalam mengancam rasisme Amarika maupun dengan program kemandirian Ellijah muhammad. Malcolm litle pun lalu menjadi malcolm x, ”x” yang melambangkan apa jadinya ia kini: eks-perokok, eks-pemabuk,eks- kristen dan eks-budak.

Seorang penceramah berbakat , dinamis dan fasih. sosok yang kharismatik, malcolm x muncul dengan cepat di di jajaran nation of islam hingga namanya menasional. Ia banyak mengorganisaasikan kuil Nation of islam , mamulai majalah muhammad sepaks-nya nation of islamdan menjadi tokoh yang efektif dan militan bagi Nation of islam pada sat Amerika di tengah-tengah gerakan hak sipil.elijam muihammad menangkap bakat dan prestasi malcolm , dan menunjuknya menjadi pendeta pada kuil-kuil utama Natin of islam di boston dan kemudian kuil 7 di herlem pada pertengahan 1954. Malcolm di sebut sebagai duta nasional Nation of islam. Yaitu orang kedua setelah Ellijah muhammad sendiri.

Di markasnya di New york Malcolm x menjadi juru bicara yang paling terkemuka bagi Ellijah muhammad, (merekrut salah para aggota dan salah satunya adalah Cassius clay yang berganti nama menjadi muhammad ali sang petinju dunia legendaris). Mendirikan banyak kuil, menyebarkan pesan-pesan nation of islamke seluruh penjuru negeri dan dunia internasonal . sejak awal 1960-an ia mendapatkan liputan media yang luas. keterlibatannya yang semakin jauh ke dunia politik nasional dan internasional ,maupun kontaknya dengan muslim-muslim sunni di amerika dan dunia muslim lainnya, menyebabkan perubahan bertahap dalam falsafah keagamaannya.sebuah prkembangan yang menempatkannya dalam keganjilan terhadap ajaran-ajaran Elijah muhammad .pada saat yang sama , Wallace D.muhammad,putranya Elijah muhammad yang sangat banyak terpengaruh oleh Malcolm,juga tengah menghadapi masalah-masalahketika mempertanyakan sebagian ajaran-ajaran ayahnya.meskipun belum tampak saat itu, keresahan-keresahan ini adalah perubahan terhadap Malcolm (dan perubahan pada meyoritas Nation of islam sendiri) dari komukitas dan ajaran-ajaranNation of islam ke arah komunitasdan ajaran arus utama islam,atau umat islam internasional.

Sementara Elijah muhammad memperjuangkan separatisme dan kesewadenbadaanyang menghindari keterlibatan dalam ”politik masyarakat putih”, malcolm sendiri kemudian percaya bahwa “sation of islamjustru akan menjadikekuatan yang lebih besar dalam perjuangan kaum hitam amerika secara keseluruhan jika kita melakukan banyak aksi”.ia berbicara dengan lantang tentang sejumlah persoalan: gerakan hak-hak sipil ,perang vietnam,solidaritas untuk perjuanagan kemerdekaan di afrika yang terjajah.

Pernyataan-pernyataannya seperti ini menjadikannya sebagai target-target yang empuk bagi mereka yang berada di dalam Nation of islam yang iri terhadap ketenarannya,dan akibatnya ia merakan dirinya semakin terpingirkan . komentar terbuka pada bulan november 1963 bahwa pembunuhan terhadap presiden Jhon F.kennedy adalah “tindakan ayam betina (pengecut) yang pulang untuk meneram” menjadi alasan elijam muhammad untuk membungkam Malcolm selama 90 hari.

Pada bulan maret 1964, malcolm meninggalkan Nation of islam untuk memulai orgnisasinya sendiri dan satu bulan kemudia ian pergi menunaikan ibadah haji ke tanah suci makkah.di sinilah Malcolm memperbaharui syahadatnya-memeluk islam sunni sebagaimana lazimnya. Haji mengakibatkan Malcolm dan ajaran-ajaran keagamaan Natiom of isalam berhadap-hadapan dengan ajaran umat islam dunia, jelas sekali menunjukkan kontradiksi-kontradiksinya . Malcolm tidak tahu bagaimana cara menunaikan shalat lima waktu sebagaimana juaga tidak pernah menunaikan empat rukun isalam lainnya.

Malcolm menunaikan dan mengalami haji yang menitik beratkan pada kesetaraan semua muslim,mengabaikan ras,suku,atau kebangsaannya dan kemudian ia menyadari bahwa “kita semua sebenarnya adalah sama (saudara) karena iman mereka kepada Tuhan yang maha Esa, membuang “putih” dari benak mereka ,membuang “putih” dari perilaku mereka dan membuang “putih” dari sikap mereka . ia kembali menjadi muslim dan bukan bukannya seorang muslim hitam, megubah namanya menjadi El haj malik El-shabbazz.seperti yang kelak di katakan oleh Betty shabbazz, istrinya. “ia pergi kemekkah sebagai seorang muslim hitam dan dari sana ia kembali menjadi hanya seorang muslim”. Demukan pula ia juga merubah silapnya tentang nasionalisme hitam menjadi Pan-Afrikanisme, yang bercita-cita menyatukan orang-orang Afro-amerikadengan ikatan-ikatan kultural dan religius mereka di afrika.

Pada tanggal 21 februari 1965,El haj malik El-shabbazz (dulu malcolm x) di bunuh ketika ia tengah berbicara di depan hadirin di Neo york. Dua anggota Nation of islam di yakini seabagai pembunuhnya, kemudian kuil no.7 maupun sekolah dn jalan-jalan di namakan dengan namanya.

Dekade 1960-an adalah periode transisi Nation of islam.baik Malcolm x maupun wallace D. muhammad (putra elijah muhammad), masimg-masimg dengan caranya sendiri mempertanyakan dan menggugat sebagian ajaran-ajaran dan strategi Elijah muhammad. Bahkan wallace dan saudaranya , Akbar muhammad seorang maasiswa yang belajar tentang islam di mesir dan Skotlandia dan menjadi ulamak yang terkemuka di keluarkan dari Nation of islam oleh ayah mereka. Namun menjelang akhir masa hayatnya Elijah muhammad menunaikan iabadah haji ke mekkah dan mulai memodifikasi sebagian ajaran-ajarannya. Sejak ia meninggal, sekontroversial apapun elijah muhammad dan Nation of islam, para walikota di kota-kota utama Amerika secara terbuka mengakui sumbangan konstruktif Nation of islam kepada warga kota dan masyarakat.

Writen by: eM-Ka elFaridi

0 comments:

  © Blogger template 'Ladybird' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP